Senin, 06 Juli 2015

WISATA ALAM PACO


Kabupaten Blitar adalah sebuah Kabupaten yang memiliki asset pariwisata yang luar biasa. Kabupaten Blitar memiliki beragam potensi pariwisata seperti wisata alam yang dapat berupa seperti pantai, wanawisata, telaga/ danau/ sumber air, gunung, sungai, goa, bahkan bendungan pun menjadi objek wisata yang menarik.
Selain itu Kabupaten Blitar memiliki wisata budaya seperti: beberapa candi, acara siraman gong Mbah Pradah, Pentas Budaya Seruling Purnama Penataran, Acara larung sesaji di pantai selatan. Tidak hanya itu Kabupaten Blitar juga memiliki wisata seperti wisata kuliner, wisata religi, serta memiliki Desa Wisata. Potensi pariwisata semacam ini dapat memberikan dampak yang sangat berarti bagi Kabupaten Blitar, utamanya dalam rangka pemenuhan akan tempat wisata untuk masyarakat.
Trend masyarakat saat ini yang gencar untuk mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di daerahnya merupakan peluang yang sangat baik untuk pengembagan pariwisata, termasuk di Kabupaten Blitar. Untuk meningkatkan peran kepariwisataan, sangat terkait antara barang berupa obyek wisata sendiri yang dapat  “dijual “ dengan sarana dan prasarana yang mendukungnya yang terkait dalam industri pariwisata. Usaha mengembangkan suatu daerah tujuan wisata harus memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan suatu daerah tujuan wisata. Faktor-faktor itu terkait lima unsur pokok yang harus ada dalam suatu daerah tujuan wisata, yang meliputi obyek dan daya tarik wisata, prasarana wisata, tata laksana, atau infrastruktur serta kondisi dari masyarakat atau lingkungan.
Dalam makalah ini, kami akan membahas mengenai salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Blitar yang menurut kami sangat potensial untuk dikembangkan lagi. Salah satunya adalah wisata alam yang berada di wilayah Kabupaten Blitar. Wisata alam Paco menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat saat ini, karena konsep back to nature semakin di gemari karena apapun yang berhubungan dengan alam dianggap mampu untuk me-refresh-kan kembali pikiran setelah penat dengan aktivitas sehari-hari.


LOKASI
            Lokasi obeservasi berada di Wisata Alam Paco (Pacuh/Pacoh), yang terletak di Dukuh Paco, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. tempat wisata alam ini berjarak sekitar 14 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Blitar. Saat ini Wisata Alam Paco dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII Bantaran, afdeling (bagian) Penataran. Wisata Alam Paco terdapat di area seluas sektar 3,2 hektare.

DESKRIPSI TEMPAT
Wisata Alam Paco merupakan salah satu aternatif destinasi pariwisata di Kabupaten Bitar. Terletak di sisi utara wilayah Kabupaten Blitar, ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan tiket masuk sebesar Rp.3000, pengunjung sudah bisa memasuki area wisata ini.  Keindahan alam menjadi daya tarik utama di wilayah wisata alam Paco ini. Ketika mulai memasuki kawasan wisata ini, pengunjung sudah dimanjakan dengan pohon-pohon besar yaitu pohon karet bolu yang sudah berusia ratusan tahun. Hawa sejuk karena rindangnya oleh pepohonan memberikan atmosfer yang berbeda, terdapat beberapa gazebo di area wisata alam Paco ini. Pada hari biasa terdapat sekitar 20-50 pengunjung setipa harinya terutama pada sore hari.  Sedangkan pada akhir minggu, pengunjung bisa mencapai 100-200 orang. Lokasi wisata alam Paco ini buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB.  Secara umum, lokasi wisata alam Paco ini terdapat 4 bagian utama yang menjadi titik sentralnya, yaitu bagian depan, bagian telaga, bagian taman, dan bagian sadranan. Berikut adalah pembahasan tiap-tiap bagian.
Bagian Depan/ Pertama
Bagian depan dimulai dari gerbang masuk di area pintu masuk. Pada bagian ini terdapat beberapa pohon yang sangat besar dengan ranting yang seolah dibiarkan liar dengan ukuran yang sangat besar. Pohon ini dari jenis pohon karet bolu. Dilihat dari ukurannya, pohon ini diperkirakan telah berusia ratusan tahun. selain itu, terdapat gazebo yang berfungsi sebagai tempat untuk bersantai. Di sebelah pohon karet bolu juga terdapat pohon bamboo yang memperindang area pertama ini. Di area ini terdapat anak tangga yang menghubungkan dengan bagia kedua, yaitu telaga.

Bagian Kedua
Setelah bagian pertama atau bagian depan maka ada anak tangga turun yang menuju bagian kedua yaitu telaga. Pada dasarnya, kegunaan telaga ini utuk irigasi dan untuk supplay air bersih PDAM.  Telaga ini memiliki area yang cukup luas. Sejak tahun 2010, telaga ini juga digunakan sebagai area pemancingan serta area bermain perahu bebek. Di telaga ini juga terdapat ratusan ikan mujair, yang mana ikan ini ditemukan oleh orang blitar. Adanya telaga ini memberikan kesan yang berbeda. Setelah dimanjakan dengan rimbunnya pohon berukuran besar, maka pengunjung di suguhi pemandangan telaga yang menyegarkan. Telaga ini cukup terawat, karena memang digunakan sebagai sumber air irigasi dan PDAM. Telaga ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai wahana wisata air.


Bagian Ketiga
Bagian ketiga dari wisata alam Paco adalah taman yang terletak disebelah barat dari telaga. Taman ini berisi beberapa tanaman hias dan rumput hijau yang terawat dengan baik. Pada bagian tengah taman terdapat kolam ikan. Kolam ikan dan jembatan yang terbuat dari bambu  juga terdapat dibagian sebelah utara. Di area taman ini terdapat beberapa tempat duduk yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Taman ini terawat dan terjaga kebersihannya, hal itu tampak ketika observasi terdapat beberapa orang yang sedang merawat tanaman dan membersihkan area taman, sehingga menjadi area ini nyaman terutama untuk area bermain anak-anak.



Bagian Keempat
Pada bagian ini terletak disisi utara. Jalan setapak diantara pepohonan yang rimbun menjadikan suasana yang berbeda lagi dengan bagian yang lainnya. Jungle track  menarik bagi para pengunjung karena  pengunjung dapat merasakan kesan sedang berjalan ditengah hutan. Walaupun Nampak liar, namun jalan setapak ini cukup terawat karena ada petugas kebersihan yang menyapu serta membersihkan area jungle track tersebut. Jalan setapak ini akan membawa pengunjung diarea sadranan Panji Joyo Subroto. Sadranan ini masih digunakan untuk ritual setiap hari kamis malam oleh beberapa masyarakat sekitar.







Pembahasan Tentang Kelebihan, Kekurangan/Kritik, Serta Saran Terhadap Objek Wisata Alam Paco.
Kelebihan Objek Wisata Alam Paco
Potensi wisata alam Paco ini sangat bagus. Kelebihan dari tempat ini adalah terdapat beberapa wahana sekaligus dalam satu area. Area pertama adalah terdapat pohon pohon yang berukuran besar, area kedua adalah telaga, area ketiga adalah taman, dan area keempat adalah jungle track dan sadranan Panji Joyo Subroto. Tempat wisata ini juga jauh dari keramaian sehingga pengunjung akan mendapatakan ketenangan, selain itu, hawa sejuk dan biaya masuk yang terjangkau juga menjadi kelebihan. Kelebihan lain yaitu pengunjung akan mendapatkan udara yang sejuk serta pemandangan alam yang asri serta jalan/ rute untuk menuju tempat ini juga sudah baik dari segi infrastruktur.
Disisi lain, wisata alam Paco dibawah naungan PT. Perkebunan Nusantara XII Bantaran afdeling Penataran. Oleh karena itu wisata ini sudah ada pihak investor yang sudah mengelola. Hal ini semakin mudahnya untuk meningkatkan serta memperbaiki fasilitas yang ada untuk menambah kesan dan kenyamanan para pengunjung sehingga mereka tertarik untuk berkunjung kembali.

Kekurangan serta Kritik terhadap Objek Wisata Alam Paco
     Menurut kami setelah melalui hasil observasi, terdapat beberapa kekurangan yang menjadi perhatian kami untuk kami kritisi. Wisata Alam Paco pada dasarnya sangat potensial untuk dikembangkan lagi. Penataan kembali terhadap area ini masih diperlukan sehingga walaupun konsepnya adalah alam, namun lebih terlihat rapi, walaupun pada saat ini sudah terawat namun lebih bisa ditata ulang kembali. Luasnya area wisata ini masih bisa dimanfaat kan untuk ditambah berbagai fasilitas wisata lainnya. Destinasi wisata ini juga memiliki telaga, yang saat ini hanya diperuntukan untuk irigasi dan penyedia air PDAM saja. Selain hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas yang serba terbatas, sebenarnya wisata alam Paco ini dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar seperti memberdayakan masyarakat. Kurangnya informasi tentang objek wisata ini kepada masyarakat juga menjadi kendala terhadap perkembangan kawasan wisata alam Paco karena mayarakat tidak begitu mengetahui secara lengkap tentang informasi wisata alam Paco.

Saran terhadap Kekurangan/Kritik Wisata Alam Paco
Saran untuk penataan ualang adalah dengan mendatangkan ahli dibidang tata kelola pertamanan atau arsitek untuk menata atau merancang untuk menambah fasilitas apa yang sekiranya dapat dibangun di kawasan wisata ini tanpa mengubah esensinya. Selanjutnya menurut kami fasilitas yang mungkin bisa dtambahkan adalah seperti panggung hiburan, area out-bound, flaying fox, taman tematik, labirin, fasilitas pendukung seperti gazebo, tempat duduk, jalan setapak yang lebih rapi, taman bacaan, area kantin, serta fasilitas pendukungnya namun tetap tidak merubah atau merusak keaslian dari wilayah wisata ini, dalam arti seperti tidak menebang pohon atau menghilangkan beberapa bagian yang menjadi cirri khas dari Wisata Alam Paco ini. Untuk sosialisasi masyarakat, bisa dengan cara mengadakan event yang bertempat diwisata alam paco ini sehingga akan menarik kedatangan dari masyarakat. Serta kampanye tentang sadar pariwisata kepada masyarakat salah satunya melalui duta wisata Gus Jeng Kabupaten Blitar. Sedangkan untuk masalah teknis bagaimana kerjasama antara PT. Perkebunan Nusantara XII Bantaran afdeling Penataran dengan pemerintah daerah Kabupaten Blitar harus sesuai dengan peraturan yang mengatur.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar